Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Diskusi Praktik Cerdas

Rate this item
(0 votes)
Written by  John Subani | Published in: BARITA SEPTEMBER 2011

Forum Kawasan Timur Indonesia (Forum KTI) adalah Forum yang bersifat independen dan terbuka yang secara aktif mendorong dan mengembangkan kemitraan para pihak serta mendorong inovasi sosial dalam menjawab tantangan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Anggota Forum KTI adalah para pembaharu dari kalangan pemerintah daerah, perwakilan pemerintah pusat, legislatif, akademisi, LSM, sektor swasta, organisasi masyarakat lainnya, dan mitra pembangunan internasional.

 

Terkait peran Forum KTI sebagai wadah untuk bertukar solusi dalam kaitannya untuk mengefektifkan  upaya pembangunan KTI, Forum KTI Wilayah NTT memfasilitasi Diskusi Praktik Cerdas secara reguler. Praktik cerdas pembangunan adalah sebuah  upaya/kegiatan yang berhasil menjawab tantangan pembangunan yang dihadapi oleh daerah tertentu, termasuk NTT. Tema yang akan diangkat pada  Diskusi yang akan dilaksanakan pada bulan September 2011 ini adalah mengenai ”Adaptasi terhadap Perubahan Iklim”. Diskusi ini dilaksanakan di gedung Resource Centre Bappeda Provinsi dengan melibatkan unsur pemerintah, mitra internasional, LSM lokal, tokoh masyarakat, kalangan DPRD  serta pemerhati iklim lainnya. Indonesia memiliki karakteristik geografis dan geologis yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Dampak perubahan  iklim mencakup beberapa hal mendasar yaitu: ancaman terhadap produksi sandang dan pangan, ancaman terhadap sumber air tawar, ancaman terhadap kelangsungan proses industri, permukiman dan perekonomian, ancaman terhadap kelangsungan ekosistem dan ancaman terhadap kesehatan masyarakat. Perubahan iklim mengancam berbagai upaya bangsa untuk memerangi kemiskinan. Sejauh ini, perhatian terhadap perubahan iklim terutama difokuskan pada 'mitigasi' dan utamanya pada upaya-upaya untuk menurunkan karbon dioksida. Semua tindakan ini penting, tetapi bagi masyarakat termiskin, yang hanya punya andil kecil saja terhadap emisi gas tersebut, prioritas yang paling mendesak adalah menemukan berbagai cara untuk mengatasi kondisi lingkungan hidup yang baru ini yaitu beradaptasi.

Diskusi praktik cerdas yang difasilitasi Forum KTI Wilayah NTT, Bappeda NTT dan Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) diharapkan bisa terjadi sharing dan teridentifikasi praktik praktik cerdas yang dilaksanakan oleh masyarakat dalam melakukan adaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya dan juga praktik cerdas yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah atau lembaga lainnya yang bertujuan baik secara langsung maupun tidak langsung merupakan bentuk adaptasi  terhadap perubahan iklim atau upaya mengurangi dampak dari perubahan iklim.

Read 479 times
Last modified on Wednesday, 18 September 2013 13:57

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.