Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

PENINGKATAN DAYA SAING DAN PERTUMBUHAN PROVINSI DI INDONESIA

Rate this item
(0 votes)
Written by  Elvis P. Naimuti | Published in: BARITA NOVEMBER 2011

Untuk mencapai pertumbuhan yang dibutuhkan, Indonesia perlu bergerak secara progresif dari ekonomi yang didasarkan pada sejumlah sumber daya alam (pertanian dan pertambangan) untuk meningkatkan nilai tambah dan investasi berbasis ekonomi.

 

Selain itu, Indonesia perlu membangun fondasi yang tepat untuk menuju transisi ekonomi berbasis pengetahuan di masa depan. Guna mempromosikan nilai tambah pertumbuhan sektor ekonomi menjadi lebih tinggi. Indonesia perlu meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan kinerja faktor-faktor produksi - tenaga kerja dan modal. Untuk  melakukannya sangat penting untuk meningkatkan daya saing di semua daerah di tahun-tahun mendatang.

Untuk menjaga kecepatan yang sama di tahun depan dan mencapai tingkat yang cukup dalam pembangunan. Indonesia perlu-struktural-bangsa yang lebih kompetitif. Dengan proses desentralisasi politik yang berkelanjutan di Indonesia, provinsi dengan cepat menjadi lebih penting dan aktor kunci perubahan. Oleh karena itu. pertumbuhan dan pembangunan yang diperlukan dapat dicapai dengan membangun daya saing masing-masing provinsi. Dengan mengembangkan masing - masing provinsi, Indonesia juga akan mengembangkan dirinya sebagai keseluruhan.

Dalam rangka memaksimalkan manfaat dari situasi ekonomi yang sangat penting dan positif, Indonesia membutuhkan sebuah program yang mempromosikan pengembangan dan daya saing masing-masing dari 33 provinsi. Setiap provinsi memiliki kemampuan sendiri, medan kekuatan, serta tantangan sendiri dan kesenjangan pembangunan. Oleh karena itu, masing-masing provinsi membutuhkan pertumbuhan yang sangat spesifik dan program pembangunan yang memanfaatkan kemampuan provinsi dan meminimalkan kesenjangan. Penilaian disesuaikan dari tingkat daya saing masing-masing provinsi yang kemudian akan dikumpulkan kedalam sistem peringkat daya saing sangat komprehensif bisa menjadi faktor penting untuk mendorong proses pertumbuhan dan perkembangan.

Tujuan utama dari studi yang diusulkan adalah untuk membangun suatu sistem peringkat daya saing yang kuat untuk provinsi di Indonesia yang bekerja sebagai katalis untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sistem ini telah membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi provinsi serta seluruh Republik Indonesia. Juga penting untuk studi yang diusulkan, perlu mengembangkan laporan dan kegiatan untuk mempromosikan peringkat memberikan penghargaan/ reward bagi Provinsi terbaik dan menarik investor.

Studi ini akan menjadi advokat serta katalis pertumbuhan dan pembangunan provinsi yang dapat membantu memaksimalkan kekuatan dari setiap provinsi dan membawa kekayaan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa dan rakyatnya. Sekjen DPD RI dalam sambutannya menegaskan bahwa DPD sebagai Perwakilan Daerah sudah sejak lama melaksanakan kegiatan yang berspirit daerah dalam koridor daerah, membangun daerah dan memberdayakan daerah. DPD juga menjembantani kebutuhan daerah pada tingkat nasional, mewakili daerah dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah. Kaitan dengan diskusi terbatas ini, NTT merupakan Provinsi ke-7 untuk peningkatan daya saing dan pertumbuhan Provinsi.

Hasil dari studi di 7 Provinsi akan di workshop-kan pada tingkat nasional. Penghargaan kepada DPD RI disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Setda NTT atas perhatian terhadap NTT untuk membangun daya saing NTT terhadap Provinsi lain. Hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini:

  • DR. dr. H. Fernadez, MKes (Sekretaris Bappeda NTT),
  • Mr. Eduardo (Monitor Group),
  • Dr. Ir. Arief Daryanto, M.Ec. (IPB) serta
  • Ir.Abraham P. Liyanto (Anggota DPD RI/Ketua KADIN NTT).
Read 805 times
Last modified on Wednesday, 18 September 2013 16:18
More in this category: « DISKUSI REGIONAL

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.