Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

PELATIHAN PELATIH WILAYAH NTT

Rate this item
(1 Vote)
Written by  Elvis P. Naimuti | Published in: BARITA NOVEMBER 2011

Pelatihan bagi Tim Pelatih Wilayah NTT di Kupang berlangsung dari tanggal 14-20 November 2011. Pelatihan ini bertujuan menyiapkan Fasilitator Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM) Desa Kelurahan Mandiri Anggur Merah. Pelatihan yang difasilitasi PIKUL melibatkan Instruktur (Tim Metodologi), Pegawai Bappeda Provinsi NTT dan Fasilitator (Pelatih Wilayah) yang direkrut mewakili 5 (lima) wilayah di NTT yaitu :

 

  • Wilayah I (Kabupaten: TTU, TTS, Belu),
  • Wilayah II (Kota Kupang, Kabupaten: Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, Alor),
  • Wilayah III (Kabupaten: Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya),
  • Wilayah IV (Kabupaten: Ende, Ngada, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat), Wilayah V (Kabupaten: Lembata, Flores Timur dan Sikka).

Kepala Bappeda Provinsi NTT, Ir. Wayan Darmawa, MT menegaskan lima hal penting bagi fasilitator yang mengikuti pelatihan ini yaitu: Pertama, Program Desa Mandiri Anggur Merah adalah sebuah elaborasi, pergulatan batin, bagaimana menerjemahkan rencana pembangunan daerah disesuaikan dengan kapasitas lokal yang ada, Kedua, dengan semangat NTT yang harus dibangun sesuai dengan karakteristik yang ada dan kepercayaan bahwa NTT akan maju dengan tangan orang NTT sendiri, program ini berani diambil dan dilakukan, dapat dikatakan cukup radikal karena dana yang dipakai adalah dari dana-dana program yang belum pro rakyat, dari uang perjalan dinas, uang rapat-rapat, dari honor-honor dan lain sebagainya dari semua SKPD, Dinas dan Badan yang ada, Ketiga, Program ini meningkatkan rasa percaya diri bagi Pemerintah Provinsi dalam tataran komunikasi dengan lembaga-lembaga internasional maupun Kementerian pusat. Kita punya rencana pembangunan yang lebih konkrit berbasis desa dan kelurahan, Keempat, salah satu kebijakan pembangunan adalah harus ada kepercayaan. Termasuk kepercayaan untuk mengelola program dan dana ini. Kepercayaan ini juga penting untuk membuka relasi dan komunikasi antar Pemerintah Provinsi, Kabupaten, SKPD dengan Pemerintah Kelurahan dan Desa, Kelima, Untuk meningkatkan kapasitas seseorang dibutuhkan keikhlasan, dibutuhkan cinta yang sejati. Harapannya teman - teman bisa mentransformasikan, menularkan sikap, menemukan dan mendorong ini untuk dikembangkan oleh para PKM kita.

Don Dela Santo yang mewakili AIPD (Australia Indonesia Partnership for Decentralisation) Program menyampaikan kebanggaan AusAid yang mengambil bagian untuk mendukung Program Desa Mandiri Anggur Merah ini. Ucapan terimakasih disampaikan bagi semua yang telah bekerja keras dengan harapan bagi fasilitator bahwa proses yang sudah dimulai ini bisa ditindaklanjuti ditingkat wilayah untuk mendukung teman-teman PKM di Kelurahan dan Desanya. Roadmap pelatihan ini berupa penyempurnakan 8 (Delapan) Panduan yaitu : Visioning, Pengorganisasian Masyarakat dan Fasilitasi, Wirausaha, Manajemen Usaha, Manajemen Kelompok dan Administrasi Keuangan, Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Desa, Tata Kelola Desa, Tupoksi Pemerintah Desa/Kelurahan; pelaksanaan praktek lapangan ke 5 lokasi Desa Kelurahan Mandiri Anggur Merah, pendampingan dan monitoring evaluasi.

Read 524 times
Last modified on Wednesday, 18 September 2013 15:30

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.