Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Kunjungan Perdana Gubernur NTT di Kecamatan Boleng

Rate this item
(0 votes)
Written by  Edy Latu | Published in: BARITA MARET 2012

Kunjungan Perdana GubernurKunjungan Perdana Gubernur1Kunjungan Perdana Gubernur2

 

Kecamatan Boleng, merupakan salasatu wilayah kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada saat ini di Kabupaten Manggarai Barat. Di kalangan orang Manggarai seluruhnya, kalau menyebut kecamatan Boleng kebanyakan lebih banyak menyebut nama Terang.

 

Terang merupakan ibu kota kecamatan Boleng. Hamparan daerah persawahan yang meliputi dataran rendah dari keseluruhan wilayahnya, terutama disekitar Terang, menjadikan daerah ini sebagai salasatu daerah pusat kegiatan pertumbuhan pertanian, terutama padi sawah. Wilayah kecamatan Boleng merupakan daerah yang curah hujannya normal sepanjang tahun. Hamparan hutan alam yang masih lestari, serta tumbuhan lain yang mendukung varietas tanaman perdagangan seperti, kemiri, pisang, tanaman kayu Jati dan mahoni menjadikan wilayah ini sangat potensial.

Masyarakat di wilayah tersebut kebanyakan, mengolah daerah sentra pertanian seperti sawah, dominan masih dengan pola taradisional, namun bukan pola modern belum dilakukan ditempat tersebut, hanya belum didukung oleh Infrastruktur yang memadai. Akses jalan raya misalnya, hal ini masih terkendala dengan belum adanya perbaikan yang signifikan seperti pengaspalan dan Jembatan, sarana jalan tersebut merupakan, status jalan Provinsi dan menjadi sarana utama untuk menghubungkan Ibu kota  kabupaten serta hubungan antar kecamatan. Hasill lain yang mendukung deretan wilayah pertanian paskah panen di Boleng yaitu hasil palawija diantaranya, kacang kedele dan kacang hijau.

Daerah Terang yang merupakan daerah pesisir pantai, sangat dikenal oleh masyarakat yang menghuni ketiga kabupaten Manggarai, alasannya tempat kawasan laut di Terang sangat terkenal sebagai pemasok hasil tangkapan Ikan laut untuk masyarakat manggarai. (salasatu ikan yang sering disebut dalam bahasa setempat yaitu ikan Cara). Ikan “Cara” yang sering disebut demikian oleh masyarakat setempat, menjadi salasatu asset hasil laut yang ada di kawasan pantai dan menjadi primadona strategis bagi para nelayan setempat.Kunjungan Perdana Gubernur3

Upaya lain dalam memanfaatkan pesisir pantai di Terang yang saat ini sedang digalakan oleh masyarakat Nelayan ditempat tersebut yaitu, Budi daya Rumput Laut. Untuk Pemasaran Ikan laut dari daerah ini meliputi, seluruh wilayah Manggarai dan diluar Manggarai, terutama “Ikan Cara” yang kami sebutkan diatas, ciri khasnya sangat dikenal dan selalu dipertanyakan orang yang baru mengetahui jenis ikan tersebut. Sala satu ciri khasnya adalah “Aromanya yang sangat mudah dicium perbedaannya, dengan jenis Ikan yang dijual di pasar setempat, seperti Pasar Ikan Labuan Bajo dan Pasar Kota  Ruteng. Ikan tersebut menjadi ciri khas bagi kabupaten Manggarai Barat, dan ikan tersebut juga, bagi pendatang /tamu luar daerah yang datang ke Labuan Bajo maupun Kota Ruteng, yang menjadi tempat pemasarannya menjadikan Ikan Cara sebagai oleh-oleh, baik untuk keluarga maupun Krabat/sahabat. Kunjungan Perdana, Gubernur NTT (Drs. Frans Lebu Raya) di Kecamatan Boleng, merupakan hal yang menggembirakan bagi rakyat di daerah kecamatan tersebut, terutama untuk Desa Golo Sepang dan Desa Mbuit.

Desa Golo Sepang merupakan Desa pertama yang menerima alokasi anggaran Program DMAM pada wilayah kecamatan Boleng, yaitu untuk tahun 2011, dan pada tahun 2012, Desa yang mendapat jatah untuk prog DMAM adalah Ds Mbuit. Dalam kesempatan kunjungan itu, Gubernur NTT selain bertatap muka dengan warga masyarakat di kedua desa dimaksud, juga menyerahkan bantuan secara simbolis bagi masyarakat Desa, dari program DMAM tahun 2012 berupa, paket dana bantuan 250 juta rupiah, yang digulirkan kepada kelompok masyarakat Desa, kemudian bantuan pembangunan perbaikan Rumah layak huni 50 juta rupiah, bantuan operasional Kecamatan dan operasional Desa selama satu tahun masing-masing 2 juta rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, Guberrnur NTT menyerahkan bantuan Dana Hibah dari Dinas Koperasi Provinsi NTT kepada tiga (3) koperasi yang berbadan Hukum di Desa Golo Sepang dan dua (2) Koperasi berbadan Hukum di Desa Mbuit masing-masing sebesar 20 juta rupiah, serta satu Koperasi yang telah dibangun oleh masyarakat di Desa Golo Sepang yaitu Koperasi “ SUKA MAJU “ yang merupakan sebuah lembaga yang anggotanya terdiri dari kelompok masyarakat yang menerima guliran dana Program DMAM tahun 2011, dan pada kesempatan tersebut Gubernur NTT (Drs. Frans Lebu Raya) memberikan sumbangan uang pangkalnya dan tercatat sebagai anggota baru di koperasi tersebut.

Read 2504 times
Last modified on Saturday, 21 September 2013 03:23

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.