Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Koordinasi Persiapan Musrenbang Provinsi 2012

Rate this item
(0 votes)
Written by  Edy Latu | Published in: BARITA MARET 2012

Memasuki persiapan Musrenbang Provinsi NTT Tahun 2012, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTT telah mengundang Kepala Bappeda Se- Kabupaten/Kota dalam Rapat Koordinasi yang berlangsung diKupang. Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi NTT, Ir. Wayan Darmawa, MT menyampaikan beberapa pokok pikiran terkait dengan Rapat Koordinasi tersebut yang berkaitan erat dengan Percepatan Pembangunan Provinsi NTT. Salah satu pokok pikiran tersebut antara lain, sangat dibutuhkan perbaikan dibidang Perencanaan, dan dengan demikian bila ada perbaikan dibidang perencanaan, maka kita akan menghasilkan usulan - usulan yang datang dari kabupaten/kota berkualitas.

 

Setiap usulan sangat dibutuhkan yang dapat mengangkat daya ungkit pembangunan daerah. Hingga saat ini memang kita belum memiliki data berbasis Desa, untuk itu sangat diharapkan setiap usulan dibutuhkan data yang riil, yang menempatkan alokasi dari sebuah kegiatan benar-benar nyata sesuai peruntukannya. (sala satu contoh, yaitu ketika ada usulan pembuatan Embung). Dari sekian banyak yang diusulkan terutama memasuki perencanaan 2013, setiap perencanaan perlu dikaji lebih mendalam dan konsisten, ketika  sesuatu diperuntukan untuk membangun areal daerah pertanian lahan kopi atau lain sebagainya, maka sangat dibutuhkan data riil soal jumlah berapa ha yang harus dikembangkan dan  alokasi tempat. Hal ini sangat dibutuhkan, Koordinasi Persiapan Musrenbang1supaya penganggarannya dapat teralisasi dengan baik. Ada beberapa Issu strategis 2013 Provinsi NTT yang disampaikan :

1. Rendahnya kinerja Birokrasi dan pelayanan publik
2. Optimalisasi pengembangan sector unggulan Daerah (4 Tekad)
3. Peningkatan Konektifitas antar pulau dan aksebilitas wilayah NTT terhadap pemenuhan hak dasar masyarakat.
4. Pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan guna meminimalisir potensi konflik diwilayah perbatasan.
5. Prioritas, peningkatan hidup masyarakat
6. Rendahnya tingkat pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana belajar yang terstandar dan persoalan mutu pendidik dan peserta didik.
7. Penigkatan pelayanan kesehatan yang memadai dan mampu menjangkau seluruh wilayah Kecamatan dan Desa.
8. Peningkatan PDRB lewat sector skunder untuk menopang ekonomi Pemerintah Daerah dengan optimalisasi penyerapan tenaga kerja.

Pelaksanaan Rapat kerja Kepala Bappeda se-NTT dan SKPD Tingkat provinsi NTT di kupang, berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 7-8 Maret 2012 dengan Tema Pengurangan Kesenjangan Antar wilayah lewat pengembangan komoditi unggulan daerah melalui Pembangunan berbasis Desa dan Kelurahan .

Read 14487 times
Last modified on Saturday, 21 September 2013 03:06

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.