Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

MUSRENBANG PROVINSI

Rate this item
(0 votes)
Written by  Edy Latu | Published in: BARITA JUNI 2013

Rumusan Kesepakatan RKPD

Dalam Penganggaran APBD Provinsi NTT 2014

 

Program dan kegiatan Prioritas melalui pendanaan APBD Provinsi diusulkan dengan mempetimbangkan kebijakan Provinsi yang diselarsakan dengan Kebijakan Nasional dan Kabupaten/kota untuk mewujudkan sinergi pembangunan Pusat dan Daerah yaitu:

 

1. Program dan kegiatan mampu memberikan kontribusi optimal dalam berbagai capaian target-target pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/kota;

2. Program dan kegiatan mampu memicu investasi swasta melalui dukungan peningkatan volume pembangunan jalan Provinsi yang dapat meningkatkan kualitas konektivitas wilayah pada pusat-pusat kegiatan produksi, pariwisata dan investasi swasta dalam rangka pelaksanaan MP3EI

3. Meningkatkan dukungan program dan kegiatan Progrowth, pro-job dan pro-poor yang yang dijabarkan dalam kebijakan Program Pemberdayaan seperti dukungan pada pelaksanaan Program PNPM Mandiri, Program Desa Mandiri Anggur Merah, Program Desa Wisata, Program P2LDT dan program pemberdayaan lainnya;

4. Program Desa Mandiri Anggur Merah yang dapat meningkatkan akses modal usaha masyarakat maka untuk meningkatkan jangkauan pelayanan dibutuhkan penyesuaian target jumlah Desa/Kelurahan per Kecamatan per tahun dalam empat kluster yaitu:

  •  Desa/kelurahan untuk Kecamatan dengan jumlah Desa < 8 
  •  Desa/kelurahan untuk Kecamatan dengan jumlah Desa < 14
  •  4 Desa/kelurahan untuk Kecamatan dengan jumlah Desa < 20
  •  5 Desa/kelurahan untuk Kecamatan dengan jumlah Desa > 20

5. Dukungan APBD Provinsi untuk meningkatkan kualitas layanan publik dalam pembangunan pertanian melalui penyediaan BOP bagi PPL, peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan guru kontrak dan penyediaan beasiswa, dukungan permodalan untuk koperasi baru yang memiliki prospek berkembang dan pengembangan Desa wisata untuk memicu masyarakat dalam pembangunan pariwisata perlu ditingkatkan sesuai kebutuhan percepatan pembangunan;

6. Kebijakan Peraturan Gubernur Nomor 39 Tahun 2012 tentang Pembangunan Daerah terpadu Berbasis Desa/kelurahan membutuhkan peningkatan koordinasi yang intensif di Tingkat Kecamatan untuk meningkatkan mutu perencanaan dan pengendalian seluruh Program pembangunan yang berlokasi di Desa/kelurahan yang bersumber dari antara lain PNPM Mandiri, Program Desa Mandiri Anggur Merah, Program Desa Wisata, dan Program hibah Lembaga Internasional maka dukungan operasional Pemerintah Kecamatan yang dialokasikan melalui Program Desa Mandiri Anggur Merah perlu ditingkatkan dari Rp.2 juta menjadi Rp. 10 juta per tahun dan untuk pemerintah Desa/Kelurahan ditingkatkan dari Rp.2 juta menjadi Rp.2,5 juta per tahun.

7. Untuk meningkatkan kualitas rencana program dan kegiatan prioritas 2014 maka setiap usulan dilengkapi TOR, RAB, kepastian lokasi berbasis Desa/kelurahan dan pencadangan lahan yang mengacu pada RTRW serta jika terdapat ruang fiskal baru dan/atau optimalisasi, menggunakan RKPD untuk alokasi anggaran.

8. Untuk mengurangi kesenjangan pembangunan dengan Provinsi lain maka mendukung pencapaian target RPJMN tahun 2014 dengan tetap mendorong pencapaian kebutuhan target pembangunan NTT tahun 2014 sebagai berikut:

Indikator

9. Meningkatkan kebijakan afirmatif Pemerintah yang meningkatkan alokasi dana transfer melalui DAU, DAK, Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah (Dana BOS) dan perubahan kebijakan hibah luar negeri dimana salah satu alternatifnya melalui hibah lembaga internasional melalui mekanisme dana tranfer daerah serta makin meningkatnya PAD Provinsi akumulasi usulan yang ditampung melalui APBD Provinsi berjumlah Rp. 3,5 Triliun lebih yang  difokuskan pada peningatan belanja publik yang terakimodir dalam belanja Tidak langsung (belanja Bantuan Sosial dan Hibah) serta belanja langsung (belanja barang da jasa serta belanja modal)

10. Rincian kegiatan Prioritas belanja tidak langsung dan belanja langsung yang lokasinya tersebar di 1 Kota dan 21 Kabupaten se Nusa Tenggara Timur  diperinci per jenis kegiatan.


Sumber : Subag PDE Bappeda Provinsi NTT

 

Read 1935 times
Last modified on Wednesday, 04 December 2013 08:07

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.