Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Panduan Penggunaan Peta Interaktif

Rate this item
(2 votes)
Published in: Peta

PEDOMAN PENGGUNAAN

PETA INTERAKTIF NTT

 

 

 

 

Kontrol Navigasi Peta

Kontrol untuk memperbesar/memperkecil peta, normalnya tidak tampak di layar. Jalankan kursor mouse ke arah kanan-bawah layar, maka kontrol navigasi ini akan muncul:

  • Zoom: Untuk memperbesar atau memperkecil peta, menggunakan tombol ‘zoom in’dan ‘zoom out’ atau dengan klik sambil digeser tanpa mengangkat tombol mouse ke atas atau ke bawah pada zoom slider.
  • Menggeser peta: Klik peta lalu geser tanpa mengangkat mouse, dan melepaskantombol kanan mouse setelah peta mencapai lokasi baru.
  • Mengembalikan tampilan peta ke posisi awal: Tombol yang ditampikan diatas adalahtombol untuk mengembalikan posisi peta seperti pada awalnya

 

Memilih Kategori

Gunakanlah menu drop-down pada bagian atas panel indikator untuk memilih kategori baru (hanya untuk yang versi online)

 

Memilih Wilayah Regional

Gunakanlah menu drop-down pada bagian atas panel indikator untuk memilih dan memfokuskan ke kabupaten yang lain.

 

Diagram Batang

Klik tombol ‘graph’ pada bagian kiri-bawah layar untuk membuka atau menutup panel grafik. Tombol ini juga terdapat pada panel grafik dan juga digunakan untuk mengatur tampilan diagram batang menjadi horizonal ataupun vertikal.

Gunakanlah tombol ‘sort’ untuk mengurutkan grafik dengan pilihan nilai terkecil ke terbesar, terbesar ke terkecil, terbesar ke terkecil yang dimulai dari tengah dan alfabetis.

 

Time Series

Pada bagian kiri-atas dari panel grafik, (perhatikan ‘Diagram Batang’ diatas), ada tombol Time Series. Jika tombol itu di-klik, grafik akan meminta untuk memasukan nama wilayah atau negara. Klik pada daftar nama negara/wilayah untuk menambahkan dan klik sekali lagi untuk menghapusnya. (Lihat di bagian Seleksi Wilayah/Lokasi dibawah ini)

Klik tambol ‘Sort’ untuk mengurutkan label time series.

Klik pada tombol ‘Table’ dibagian kiri-bawah layar monitor untuk memunculkan tabel data dari indikator yang dipilih. Jika suatu indikator sudah ditandai (bookmark), kedua data dari indikator yang ditandai dan yang dipilih akan ditampilkan. Tabel tersebut juga menyajikan nilai rerata (mean), standar deviasi dan jangkauan (range).

 

Save/Export Table (Hanya untuk StatPlanet Plus/StatTrends Plus)

Menyimpan tabel kedalam file CSV, yang juga dapat dibuka oleh umumnya program speadsheet (seperti Excel). Tombol untuk ini terdapat di sudut kanan-atas panel tabel.

 

Copy Table

Versi offline StatPlanet tidak mengijinkan untuk menyimpan data kedalam sebuah file. Tetapi kita tetap dapat meng-copy seluruh data ke dalam file Excel menggunakan tombol ‘Copy’ dan memindahkannya ke file Excel. Jika tidak memiliki Excel, dapat juga dilakukan sebagai berikut

(i) memindahkannya ke program editor seperti Notepad, (ii) menyimpan dokumen ini sebagai‘data.html’, (iii) membuka menggunakan Web Browser.

Klik tombol ‘Select’ pada sudut kiri-bawah layar untuk menampilkan daftar nama wilayah/negara. Lalu klik lagi untuk memilih negara yang diinginkan agar dimunculkan pada panel peta atau grafik. Untuk mempersempit pilihan, pilih dulu regional melalui menu drop-down pada bagian kanan-atas layar. Mengetikan huruf depan suatu wilayah/negara juga dapat mempercepat pencarian nama wilayah/negara dari daftar.

 

Tombol ‘Select’

Tekan tombol Select untuk mengkonfirmasi pilihan. Variabel-variabel yang tidak dipilih akan dihapus dari tampilan. Catatan: Pada grafik time series, tidak perlu menekan tombol ini karena nama wilayah/negara akan segera muncul jika di-klik.

 

Tombol ‘Deselect All’

Tekan tombol ‘Deselect All’ untuk menghapus hasil pilihan.

 

Tombol ‘Refresh’

Tombol Refresh akan muncul hanya setelah melakukan klik pada tombol ‘Select’.

 

Menghapus hasil pilihan

Untuk menghapus nama wilayah/negara dari daftar dan juga dari grafik, pilih nama wilayah/negara yang akan dihapus lalu klik tombol ini.

 

Time Slider

Gunakanlah slider atau klik pada anak panah untuk berganti tahun. Klik pada tombol ‘Play’ akan menyajikan perubahan waktu dalam bentuk animasi, yang dimulai dari bagian awal. Kecepatan animasi diatur pada panel Option.

(Sumber : PDE Bappeda NTT)

 

KLIK UNTUK MELIHAT PETA

Read 1604 times
Last modified on Friday, 03 April 2015 16:41