Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Rapat Pemantapan Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Ngada

Rate this item
(1 Vote)
Written by  | Published in: Simpul Jaringan Informasi

Bajawa (Simpul Jaringan Informasi) - Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Ngada (Forum PRB Ngada) melaksankana rapat lanjutan selama 1 (satu) hari pada tanggal 23 Desember 2013 bertempat di Ruang Rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada. Dalam rapat ini dibahas tentang agenda Penyempurnaan Statuta Forum, Penyusunan Forum dan Agenda Kegiatan Forum tahun 2014.

 

Menurut Paskalis Lalu, SH Ketua Forum PRP Ngada, sebenarnya forum ini secara resmi telah dibentuk pada tanggal 19 November 2013 lalu dan bertujuan untuk menjadi jembatan antara Pemerintah, masyarakat dan Dunia usaha dalam mencegah dan meminimalisir resiko, mengurangi kerentanan dan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Forum ini diharapkan juga dapat menjadi wadah yang menyatukan organisasi pemangku kepentingan (multi stakeholders) Kabupaten Ngada yang bergerak dalam mendukung upaya-upaya pengurangan risiko bencana (PRB) di wilayah Kabupaten Ngada. Selain itu Forum juga berperan sebagai Platform Pengurangan Risiko Bencana di tingkat Kabupaten yang menyediakan mekanisme koordinasi untuk meningkatkan kolaborasi & koordinasi berbagai pemangku kepentingan dalam keberlanjutan aktivitas-aktivitas PRB melalui proses konsultatif dan partisipatif yang selaras dengan pelaksanaan kerangka kerja PRB sebagaimana ditetapkan kebijakan nasional.

 

Sejalan dengan cita-cita nasional untuk menjadi komunitas yang tangguh terhadap bencana, Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Ngada melaksanakan visi yang diilhami oleh nilai-nilai kemanusiaan guna mewujudkan ketahanan dan ketangguhan masyarakat Kabupaten Ngada dalam menghadapai ancaman bencana. Visi tersebut dijabarkan lagi dalam 6 misi berikut: meningkatkan kesadaran tentang pentingnya PRB, mendorong pengorganisasian dan kerjasama para pihak dalam rangka terhimpunnya data dan sumber daya serta aksi, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kapasitas PRB, mendorong partisipasi para pihak agar bersemangat/ berpartisipasi, meningkatkan rasa kepedulian terhadap upaya PRB, membangun jejaring kerja dalam PRB dan mengembangkan program dan kegiatan yang mendukung upaya PRB.

 

Dalam rapat hari ini, telah disepakati bahwa dalam rangka berkontribusi dalam pengurangan risiko bencana, forum akan menyepakati dibentuknya 4 devisi berikut : advokasi, informasi dan publikasi, Pengembangan Sumber Daya serta Tanggap darurat. Diharapkan devisi – devisi ini dapat membantu terjadinya pengarusutamaan pengurangan risiko bencana bagi semua pemangku kepentingan menuju komunitas yang tanggap dan tahan bencana. Forum juga berhasil draft agenda kegiatan tahun 2014 beserta para koordinator tiap devisi.

Editor : Wilfrida E. B Ruba

Read 8180 times
Last modified on Saturday, 22 February 2014 14:51

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.