Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

SOSIALISASI RANPERDA APBD KABUPATEN FLORES TIMUR TAHUN ANGGARAN 2014

Rate this item
(3 votes)
Written by  | Published in: Simpul Jaringan Informasi

Larantuka (Simpul Jaringan Informasi) - Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2014, di laksanakan di 19 Kecamatan dari tanggal 27 November sampai dengan 29 November 2013. Tim Sosialisasi terdiri dari : Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Flores Timur dan Para Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur.

 

Berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana beberapa kali telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, dan ditegaskan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Flores Timur Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Flores Timur, Pengelolaan Keuangan Daerah dilaksanakan dalam suatu system yang terintegrasi yang diwujudkan dalam APBD, dan merupakan keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah.

 

Proses Perencanaan Tahun 2014 sudah dilakukan dan telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Flores Timur Nomor 3 Tahun 2013 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Flores Timur Tahun 2014. Selanjutnya RKPD tersebut menjadi acuan dalam penyusunan rancangan Kebijakan Umum APBD dan PPAS yang merupakan tahapan awal dalam proses penganggaran di daerah. Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran melalui RKPD dengan Rancangan Kebijakan Umum-APBD dan Rancangan PPAS Kabupaten Flores Timur Tahun 2014 dilakukan melalui pengintegrasian program dan kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan alokasi anggaran berdasarkan perkiraan pendapatan tahun 2014. Sinkronisasi tersebut dilakukan dalam upaya menjaga keseimbangan antara tuntutan kebutuhan pembangunan sesuai aspirasi masyarakat dan kemampuan daerah, sehingga pada akhirnya akan dapat ditetapkan secara cermat prioritas-prioritas program pembangunan daerah yang harus dilaksanakan dalam Tahun Anggaran 2014. Hal ini sangat penting karena Kebijakan Umum APBD Tahun 2014 akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2014.

Rancangan APBD Kabupaten Flores Timur Tahun 2014 telah disusun dan sudah diajukan ke DPRD, setelah melalui proses asistensi RKA bersama SKPD terkait. Dan untuk penyempurnaan rancangan APBD tersebut perlu dilakukan sosialisasi untuk mendapatkan masukan dari masyarakat, sehingga pada akhirnya diharapkan APBD yang ditetapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Read 18159 times
Last modified on Saturday, 22 February 2014 14:52

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.