Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Sharing Pengembangan Resource Center dan Implementasi Pusat Data.

Kunjungan Bappeda Provinsi Jawa Timur ke Bappeda NTT dalam rangka sharing pengembangan Resource Center dan Implementasi Pusat Data. Tim dipimpin Bp Teguh Prayitno didampingi staf bidang statistik dan pelaporan Bappeda Jawa Timur. (15/12/2014).

Koordinasi KPID, DPRD dan Sekretariat DMAM terkait penyiaran Praktik Cerdas di Desa Mandiri Anggur Merah berlangsung di Perpustakaan Resource Center Bappeda NTT. (12/1202014)

Instalasi dan Mini Workshop Otomasi dan e-Library di Perpustakaan Resource Center (RC) Bappeda NTT bersama Bp Edy Wiyono dari Perpustakaan Nasional RI. Perpustakaan RC juga mengadopsi Aplikasi InlisLite seperti yang dipakai Perpustakaan Nasional RI. Event yang difasilitasi BaKTI didukung oleh AIPD.

Mini Workshop eLibrary melibatkan bbrp pengelola Perpustakaan Sekolah, PT dan SKPD berlangsung di Resource Center NTT (8/12/2014).

Bajawa (Simpul Jaringan Informasi) - Pada hari Selasa 28 Januari 2013 berlangsung kegiatan Sosialisasi Hasil Finalisasi Roadmap STBM Kabupaten Ngada bertempat di Aula Bappeda Ngada. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Lokakarya Roadmap dan Anggaran Sanitasi Teknik Berbasis Masyrakat (STBM) Kabupaten Ngada tanggal 02 – 04 Desember 2014. Peserta Kegiatan sosialisasi Roadmap STBM Kabupaten Ngada berjumlah 45 orang yang terdiri dari Tenaga Sanitarian, Para Camat, Kepala Puskesmas, Badan Lingkungan Hidup, Bagian Kesra Setda Ngada, dan LSM Lokal dan Internasional yang bekerja di Kabupaten Ngada.

 

Menurut Johan Joman, supervisor STBM CS Fund II Project wilayah Ngada, tujuan disusunnya roadmap ini adalah untuk memberikan kondisi umum STBM Ngada terkini, untuk menjadi pedoman bagi SKPD dalam menentukan prioritas kegiatan dan lokasi tahunan yang akan dibiayai APBD dan sumber pemnbiyaan lain yang sah, dan untuk menjadi acuan dalam melakukan evaluasi kinerja tahunan daerah terkait STBM. Lebih lajut menurut Jhon setelah dilakukan sosiliasasi pada tingkat kabupaten ini, selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi, roadmap dan roadshow pada tingkat kecamatan serta pembentukan Tim STBM kecamatan sehingga kegiatan STBM ini diharapkan mempunyai andil yang signifikan terhadap pencapaian target Air Minum dan Sanitasi dalam RPJMN 2010 – 2014.

Editor : Wilfrida E.Boba Ruba

Bajawa (Simpul Jaringan Informasi) - Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Ngada (Forum PRB Ngada) melaksankana rapat lanjutan selama 1 (satu) hari pada tanggal 23 Desember 2013 bertempat di Ruang Rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada. Dalam rapat ini dibahas tentang agenda Penyempurnaan Statuta Forum, Penyusunan Forum dan Agenda Kegiatan Forum tahun 2014.

Bajawa (Simpul Jaringan); Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Kabupaten Ngada sampai pada tahapan Penyempurnaan Buku Putih Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK). Penyempurnaan Buku Putih SSK dilaksanakan melalui Konsultasi Publik SSK Ngada yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Road Map STBM Plan-Indonesia pada tanggal : 4 Desember 2013 bertempat di aula Bappeda Kabupaten Ngada. Peserta yang hadir meliputi Kepala SKPD terkait, Camat, Sanitarian, LSM dan tokoh pemerhati sanitasi kabupaten Ngada, dengan jumlah peserta yang hadir sejumlah 50 orang.

Bajawa (Simpul Jaringan), Pada tahun 2008 Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan meluncurkan strategi nasional tentang sanitasi total berbasis masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan STBM. Strategi ini merupakan komitmen Indonesia terhadap isu global terkait air minum dan penyehatan lingkungan yang kemudian dituangkan dalam RPJMN 2010-2014 dan Renstra Kementerian Kesehatan 2010-2014. Dua hal yang menjadi tujuan besar dari perumusan strategi nasional STBM ini adalah untuk mengurangi angka kejadian diare dan untuk mencapai target MDG pada tahun 2015. Tujuan besar ini akan tercapai melalui penerapan lima pilar STBM, yaitu: 1) Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), 2) Cuci tangan pakai sabun (CTPS), 3) Pengelolaan air minum rumah tangga, 4) Pengelolaan sampah rumah tangga, dan 5) Pengelolaan air limbah rumah tangga.

Lokakarya Roadmap STBM

Atas dasar itu sejak Agustus 2013 hingga Juli 2017 Plan Indonesia mendukung pemerintah daerah di 5 kabupaten di provinsi NTT untuk mengimplementasikan program STBM melalui sebuah proyek yang disebut STBM CS Fund 2. Sebagai tahap awal dari pelaksanaan proyek tersebut, Plan Indonesia dan Pokja AMPL Provinsi NTT telah mengadakan Roadshow STBM di tingkat provinsi yang mengundang perwakilan-perwakilan dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Kupang. Roadshow STBM ini merupakan bentuk sosialisasi dan penyelarasan pandangan (visioning) bagi kabupaten-kabupaten yang selama empat tahun ke depan akan mengimplementasikan proyek STBM CS Fund 2 bersama-sama dengan Plan Indonesia dan Pokja AMPL Provinsi NTT.

Larantuka (Simpul Jaringan Informasi) - Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2014, di laksanakan di 19 Kecamatan dari tanggal 27 November sampai dengan 29 November 2013. Tim Sosialisasi terdiri dari : Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Flores Timur dan Para Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur.

 

Berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana beberapa kali telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, dan ditegaskan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Flores Timur Nomor 4 Tahun 2012 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Flores Timur, Pengelolaan Keuangan Daerah dilaksanakan dalam suatu system yang terintegrasi yang diwujudkan dalam APBD, dan merupakan keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah.

 

JUMLAH CALON PKM DESA/KELURAHAN MANDIRI ANGGUR MERAH MENINGKAT

 

Larantuka (Simpul Jaringan Informasi) - JPhoto0350umlah Calon PKM Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah Tahun 2014 di Kabupaten Flores Timur yang terdaftar Meningkat 50 %. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi pada BAPPEDA Kabupaten Flores Timur.

 

Sesuai dengan Surat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Nomor BU.124.3/46/BAPPEDA/2013 tanggal 14 November 2013, pelaksanaan pendaftaran Calon Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM) Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah Tahun 2014 di Kabupaten Flores Timur Telah dilaksanakan pada Tanggal 18 sampai dengan 22 November bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Flores Timur. dengan Kriteria Calon PKM sebagai berikut: