Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Evaluasi Semester I Pelaksanaan APBD Provinsi NTT Tahun 2019

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPELITBANGDA NTT – Rapat Evaluasi Semester I, Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019, berlangsung di Kupang tanggal 6 Agustus 2019, bertempat di Aula Fernandez Kantor Gubernur NTT.

Kegiatan tersebut di buka oleh Wakil Gubernur NTT, Yosef Adrianus Naesoi. Dalam pelaksanaan rapat tersebut hadir Sekretaris daerah NTT, Ir. Benediktus Polo Maing, pimpinan dari 39 perangkat daerah (PD), serta para eselon III maupun eselon IV dan staf dari masing-masing PD tingkat Provinsi NTT.

APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah dalam satu tahun anggaran. APBD adalah rencana pelaksanaan semua Pendapatan Daerah dan semua Belanja Daerah dalam rangka pelaksanaan Desentralisasi dalam tahun anggaran tertentu. Pemungutan semua penerimaan daerah bertujuan untuk memenuhi target yang ditetapkan dalam APBD. Demikian pula semua pengeluaran daerah dan ikatan yang membebani daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi dilakukan sesuai jumlah dan sasaran yang ditetapkan dalam APBD. Karena APBD merupakan dasar pengelolaan keuangan daerah, maka APBD menjadi dasar pula bagi kegiatan pengendalian, pemeriksaan dan pengawasan keuangan daerah. APBD disusun dengan pendekatan kinerja yaitu suatu sistem anggaran yang mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja atau output dari perencanaan alokasi biaya atau input yang ditetapkan. Jumlah pendapatan yang dianggarkan dalam APBD merupakan perkiraan yang terukur secara rasional yang dapat tercapai untuk setiap sumber pendapatan. Pendapatan dapat direalisasikan melebihi jumlah anggaran yang telah ditetapkan.

Wakil Gubernur NTT dalam rapat evaluasi tersebut menegaskan bahwa tugas dan tanggung jawab setiap perangkat daerah realisasinya harus fokus dalam setiap kegiatan kita, langsung kepada masyarakat. Beliau mengawalinya dengan menyoroti peran Badan Perencanaan Pembangunan penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). Bappelitbangda memiliki peran vital untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, pengembangan potensi dan pembangunan daerah. Lembaga ini juga harus mampu melihat dan memegang kendali secara keseluruhan, terhadap setiap pemetaan dalam aspek perencanaan, pengendalian, serta meng evaluasi setiap program dan kegiatan langsung untuk masyarakat yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah.

Lebih lanjut Wagub NTT menegaskan, seluruh perangkat daerah dalam sisa waktu yang ada sampai dengan akhir tahun 2019 ini, setiap PD yang melaksanakan kegiatan langsung kepada masyarakat harus dilakukan secara tuntas. Pemaparan Rapat Evaluasi Semester I oleh Wakil Gubernur Provinsi NTT dapat di-unduh. (Peliput : Edy Latu, Agustus 2019 - Sumber informasi : Bidang Pengendalian dan Evaluasi - Bappelitbangda Provinsi NTT)

Unduh : Pengelolaan APBD Provinsi NTT 2019

Read 125 times
Last modified on Wednesday, 07 August 2019 06:33