Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Persiapan Pameran Pembangunan Daerah 2019

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPELITBANGDA NTT Pelaksanaan Pameran Pembangunan Daerah dan Panggung Hiburan Rakyat Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2019 direncanakan berlangsung tanggal 14-19 Agustus 2019, kegiatan pameran tersebut bertempat di lokasi wisata Pantai Lasiana Kupang yang akan diisi berbagai stand pameran yang menampilkan beragam produk baik sektor pemerintahan maupun swasta.

Dalam Pelaksanaan rapat persiapan menuju Kegiatan Pameran Pembangunan 2019, yang berlangsung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, 16/7/2019, rapat kepanitiaan yang dipimpin langsung Kadis Kominfo Drs. Aba Maulaka , menuturkan, pameran pembangunan daerah tahun ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74, dengan mengusung Tema nasional : “Menuju Indonesia Unggul“ Sub Tema: Dengan Keterbukaan Informasi Publik, Kita Wujudkan Sinergitas Untuk, NTT Bangkit, Masyarakat Sejahtera”.

Selanjut dalam rapat persiapan untuk pembahasan program seksi pameran bersama dengan peserta perwakilan dari PD, BUMN, serta undangan lainnya, Aba Maulaka menegaskan, untuk seluruh Perangkat Daerah tingkat Provinsi NTT yang berjumlah (39 PD), perlu untuk mengambil peran dan inisiatif penuh dalam mengikuti rangkaian kegiatan pameran pembangunan ini. Dukungan dan keterlibatan lembaga pemerintah merupakan ajang untuk menyampaikan program/kegiatan sesuai tugas dan fungsi masing-masing PD, kepada publik. Kemudian peran yang sama bersama stakeholder lainnya yang terdiri dari ,BUMN,BUMD, TNI dan POLRI tingkat Provinsi, Instansi Vertikal, Perguruan Tinggi negeri/Swasta, Pemerintah kabupaten/kota se NTT, LSM, kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM), Kelompok Formal, dan sektor swasta lainnya.

Adapun materi yang akan ditampilkan dalam rancangan panitia untuk pelaksanaan pameran dimaksud yaitu, mengangkat dua isu strategis pemerintah Provinsi NTT: 1. NTT Bangkit: malalui materi dan produk yang dipublikasikan antaranya, Kerangka kebijakan Masyarakat Ekonomi NTT (ME-NTT), Produk-produk Marungga, Produk minuman beralkohol SOPIA, serta peran Bank NTT dalam memajukan ekonomi masyarakat. Materi terkait NTT Bangkit di percayakan kepada Bappelitbangda Provinsi NTT sebagai koordinator materi bagi perangkat daerah. 2. Kesejahteraan Masyarakat : materi dan produk yang dipublikasikan yaitu,produk-produk UMKM, informasi program dan kegiatan dari perangkat daerah, serta kegiatan permainan ketangkasan hiburan rakyat, Koordinator Dinas Kominfo Provinsi NTT.

Melalui kegiatan Pameran Pembangunan daerah tingkat Provinsi NTT tahun 2019, sangat diharapkan dapat melahirkan inovasi – inovasi baru, baik dari setiap lembaga pemerintah,kelompok- kelompok masyarakat dan swasta, sebagai bentuk dalam mendukung perecepatan pembangunan ekonomi daerah. Hal lainnya yang disampaikan dalam rapat dimaksud yaitu berbagai kegiatan hiburan rakyat serta lomba kreatifitas bagi masyarakat umum juga kegiatan upacara peringatan detik-detik Proklamasi pada HUT RI ke 74 yang dirayakan bersama masyarakat di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT, dan pendaftaran peserta pameran pembangunan dan hiburan rakyat pada panitia Dinas Kominfo Provinsi NTT, yang rencananya akan di buka tanggal 30 juli s/d 12 agustus 2019.

Tujuan diadakannya pameran ini, sebagai momentum rangkaian peringatan HUT RI ke 74,dalam spirit : Keterbukaan Informasi Publik dalam mendukung NTT Bangkit dan Wujudkan Masyarakat Sejahtera. Meningkatkan partisipasi pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta, serta masyarakat, serta momentum pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk menarik minat masyarakat datang ke pameran pembangunan ini, tim panitia akan mengemas kegiatan pameran lebih menarik melalui materi pameran, sala satunya dengan menyelipkan pertunjukan-pertunjukan rakyat yang menghibur dan mengedukasi.   (Sumber info: Dinas Kominfo Prov NTT - Peliput: Edy Latu/NTT Satu Data-Bappelitbangda Provinsi NTT).

Read 133 times
Last modified on Wednesday, 17 July 2019 04:25