Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Musrenbang RKPD 2020 Provinsi NTT

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPELITBANGDA NTT - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Nusa Tenggara Timur, telah menyelenggarakan Musyawarah Perencnaan Pembangunan (Musrenbang) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020, dengan tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Akses Dan Kualitas Pelayanan Dasar Serta Pengembangan Pariwisata Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Yang Berkelanjutan” bertempat di Swis Belinn Kristal Hotel, Kupang, Tanggal 4 Mei 2019.

 Musrenbang/RKPD 2020, Provinsi NTT bertujuan sebagai jaminan pelaksanaan pembangunan daerah yang meliputi keuangan negara, sistem pembangunan nasional, pemerintahan daerah serta tata cara perencanaan dan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk harmonisasi dan sinkronisasi program pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota. Hal lain dari penyelenggaraan Musrenbang tersebut, untuk mendapat masukan dari berbagai stakeholder sebagai bahan penyempurnaan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD 2020.

 

Dalam penyampaian singkatnya Wakil Gubernur NTT, Drs. Yosef Nae Soi, MM, ketika membuka pelaksanaan Musrenbang tingkat Provinsi NTT di Kupang, sangat berharap kepada pemerintah pusat untuk mengurangi kegiatan di Jakarta yang menghadirkan pemerintah daerah. Hal tersebut sangat beralasan karena daerah sudah terbatas anggarannya. Dengan demikian adanya pengurangan perjalan dinas ke Jakarta, ”Kalau bisa orang dari pusat saja yang datang ke NTT”. Hal tersebut disampaikannya kepada Inspektur Kementerian Dalam Negeri, Tumpak Haposan Simanjuntak dan staf ahli Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Pemerataan dan Kewilayaan, Oktoriadi, yang hadir mengikuti Musrenbang Provinsi NTT tahun 2019 di Kupang.

 

Wakil Gubernur, Yosef N. Soi “Dengan Musrenbang ini saya berharap betul dari seluruh pemangku kepentingan baik dari unsur Pemerintahan Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten / Kota se – Provinsi NTT, melalui pelaksanaan Pra-Musrenbang dan Rakortekrenbang, semua usulan yang masuk yang telah diverifikasi akan diharmonisasikan menjadi sebuah kebijakan pembangunan,” Penegasan lain disampaikan antaranya, tekad terhadap program dan kegiatan untuk penyelesaian jalan provinsi di NTT tahun 2021, penurunan Stunting, serta kegiatan-kegiatan yang fokus kepada rakyat yang bisa membawa NTT Bangkit menuju Sejahtera.

 

Acara puncak pelaksanaan Musrenbang tingkat Provinsi NTT, melalui Wakil Gubernur NTT, menyerahkan piagam penghargaan pembangunan daerah kepada pemerintah daerah yaitu, Kota Kupang, kabupaten Ende, dan Kabupaten Ngada. Selain itu acara kegiatan Musrenbang Provinsi NTT, menampilkan pembawa materi tentang : Menuju NTT bebas Stunting oleh perwakilan pimpinan Unicef NTT-NTB, Yudis Yewangoe. Pemateri lain yaitu dari Kemendagri, selaku Irjen kemendagri, Dr. Tumpak Haposan Simanjuntak,MA. Serta pemeteri dari Kementerian PPN/Bappenas, selaku staf ahli Menteri PPN, Oktoriadi. Hal lain dalam forum Musrenbang NTT menampilkan suara anak dari forum Anak NTT serta perwakilan Disabilitas/penyandang cacat- Persani NTT.

 

Mengakiri acara puncak Musrenbang RKPD 2020 Provinsi NTT, telah dilakukan penanda tanganan berita acara hasil kesepakatan RKPD Provinsi NTT tahun 2019 untuk di jadikan bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Provinsi Nusa Tenggara Timur, oleh wakil Gubernur NTT, Bupati/Wali kota 22 kabupaten/kota se-NTT. (Peliput : Edy Latu, sumber info lainnya, Bidang Evaluasi dan Pengendalian Bappelitbangda Provinsi NTT).

 

 

Read 293 times
Last modified on Wednesday, 08 May 2019 07:41