Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Siaran Pers Musrenbang RKPD Tahun 2020

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

SIARAN PERS

“MUSRENBANG RKPD 2020 PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2019”

Kupang, 4 Mei 2019

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur, di laksanakan di Kupang, 4 Mei 2019, bertempat di Swis Belinn Kristal Hotel. Setelah selama 2 hari yaitu tanggal 2-3 Mei 2019, dilaksanakan Pra Musrenbang yang dihadiri oleh Bappeda/ BappelitbangdaBP4D 22 kabupaten/kota, Bappelitbangda Provinsi,Perangkat Daerah Provinsi , Instansi Vertikal/Pusat di NTT, serta Lembaga Mitra, untuk melakukan Desk usulan program dan kegiatan.

Musrenbang tingkat Provinsi NTT, akan di hadiri oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Bupati dan Walikota, Ketua DPRD Kabupaten/Kota, Kepala Bappedalitbang dari 22 Kabupaten/Kota, serta Ketua DPRD Provinsi, Forkompinda tingkat Provinsi NTT, Pimpinan Lembaga Mitra, Pimpinan LSM, Pimpinan Lembaga Agama, Tokoh Masyarakat dan Stakehoder lainnya.

Sejalan dengan tema pembangunan nasional tahun 2020 yaitu “Peningkatan SDM untuk Pertumbuhan Berkualitas”, maka Tema Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2020 adalah “Peningkatan Kualitas SDM melalui Akses dan Mutu Pelayanan Dasar serta Pengembangan Pariwisata sebagai Penggerak Utama Ekonomi Berbasis Masyarakat”. Tema tersebut sejalan dengan arah kebijakan RPJMD untuk tahun 2020, yang diarahkan untuk pengembangan SDM, dan arahan periode keempat RPJPD Provinsi NTT 2005-2025.

Sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan pusat, provinsi dan kabupaten/kota,serta meningkatnya partisipasi masyarakat dan semua pelaku pembangunan termasuk pemanfaatan berbagai sumber pendanaan diharapkan kitadapat mencapai target pembangunan tahun 2020 yang telah disepakati antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk majulebih pesat Nusa Tenggara Timur membutuhkan Pertumbuhan Ekonomi sekurangnya 6,6persen dengan indeks Gini 0,35 poin. Jumlah penduduk miskin juga diharapkan menurun hingga 18persen, tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,7 persen dan Indeks Pembangunan Manusia 65,54.Untuk pencapaian target tersebut, maka fokus pembangunan tahun 2020 sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan daya dukung 5 program strategis nasional yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2020, yang akan dibahas dandisepakati pada Musrenbangnas mulai tanggal 7 Mei yang akan datang, yang diarahkan untuk:

 

    1. Percepatan pencegahan dan penanganan stunting dan penurunan kemiskinan;

    2. Meningkatkan daya dorong KSPN Labuan Bajo untuk pengembangan pariwisata NTT;

    3. Peningkatan ketersediaan listrik, air dan jalan serta pelabuhan untuk mendukung konektivitas;

    4. Peningkatan daya dukung 10 bendungan sebagai kawasan ekonomi baru;

    5. Peningkatan ketersediaan listrik, air dan jalan serta pelabuhan untuk mendukung konektivitas.

  2. Untuk APBD Provinsi fokusnyayaitu:

    1. Peningkatan penanganan jalan provinsi yang akan selesai pada tahun 2021;

    2. Pengembangan industri garam, feed Mills, pengembangan Marungga, dan peternakan;

    3. Peningkatan kerjasama antar daerah dan antar negara, serta investasi BUMN dan Swasta

    4. Pencegahan dan penanganan Stunting dan Penurunan Kemiskinan melalui penanganan Rumah tidak layak huni sebayah 6.125 unit rumah;

    5. Mendukung investasi swasta dan program kemitraan lembaga internasional serta kerja sama dengan berbagai pihak seperti lembaga agama, perguruan tinggi, dan lain-lain.

DAFTAR 58 PROYEK PRIORITAS TERPILIH

(Panitia : Humas dan Dokumentasi-Pra Musrenbang dan Musrenbang Provinsi NTT, Tahun 2019 - Dok. NTT Satu Data).

 

Read 377 times
Last modified on Friday, 03 May 2019 08:12