Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Musrenbang Kabupaten/Kota Se - Provinsi NTT Tahun 2019

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPELITBANGDA NTT - Musrenbang Kabupaten/Kota adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) di tingkat kabupaten/kota untuk mematangkan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) kabupaten/kota yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh Rancangan Rencana Kerja Satuan Perangkat Desa (Renja SPD) hasil forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara seluruh rancangan Renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemuktahiran Rancangan RKPD dengan merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

Salah satu arena proses pengambilan keputusan secara partisipatif dalam kebijakan daerah adalah musrenbang kabupaten/kota. Musrenbang Kabupaten/Kota adalah arena staregis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 pilar pemerintah, yaitu pemerintah daerah (eksekutif dan legisklatif, kalangan masyarakat dan kalangan swasta. Dengan demikian musrenbang menjadi arena strategis untuk para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan daerah.

Rangkaian Pelaksanaan Musrenbang 22 kabupaten/Kota Se-Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2019, diawali di kabupaten Sumba Tengah tanggal 12 Maret 2019, dan pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Musrenbang kabupaten/kota se provinsi NTT, terakir di kabupaten Sikka, tanggal 15-16 April 2019.

Menyikapi kegiatan penyelarasan prioritas pembangunan Nasional, Provinsi, kabupaten/Kota, tahun 2020 menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mengintegrasikan perencanaan baik pada Renstra Perangkat Daerah(PD),Renja dan sistem SIPPD dengan tujuan mengoptimalisasi sumber dana yang bersumber dari APBD, APBN serta sumber-sumber lainnya, baik dari Pemerintah daerah maupun dari Pemerintah Pusat.Mensinkronkan perencanaan yang selaras tersebut maka semuanya dilakukan melalui pendekatan HITS (Holistik-Integratif-Tematik dan Spasial).

Untuk pelaksanaan Pra-Musrenbang maupun Musrenbang RKPD Provinsi Nusa Tenggara Timur, tanggal 2-4 Mei, tahun 2019, Bappelitbangda Provinsi NTT, selaku panitia pelaksana kegiatan dimaksud telah menyelenggarakan rangkaian rapat persiapan untuk mensukseskan kegiatan besar tersebut yang akan dilaksanakan di Kupang, bertempat di Swiss Belinn Kristal Hotel. Rangkaian kegiatan Musrenbang Provinsi NTT di Kupang tersebut, akan diisi dengan pameran yang menampilkan produk unggulan daerah dari setiap kabupaten/kota. (Sumber info : Panitia Bappelitbangda NTT- Edy Latu, Pranata Humas, April 2019).

Read 198 times
Last modified on Friday, 26 April 2019 08:38