Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Forum Perangkat Daerah Dan Konsultasi Publik RKPD 2020

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPELITBANGDA NTT - Prioritas pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur, harus benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat. Di antaranya, pengentasan kemiskinan dan stunting, pembangunan pariwisata dan industri pariwisata,pemantapan infrastruktur dasar, jalan, Air, kesehatan serta kualitas pendidikan.

 

"Hal ini juga harus sejalan dengan Visi dan Misi, Pemerintah provinsi NTT- 2018-2023, yakni terwujudnya, NTT Bangkit-NTT Sejahtera. Demikian disampaikan Sekertaris Daerah Provinsi NTT, IR. Benediktus Polomaing,ketika membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Dan Konsultasi Publik RKPD 2020, bertempat di Hotel Neo Aston Kupang, tanggal 15 April 2019.

Selain itu, selaras dengan thema nasional, Pemerintah Provinsi NTT menetapkan tema RKPD tahun 2020 adalah : “ Peningkatan Kualitas SDM melalui Akses dan Mutu Pelayanan Dasar Serta Pengembangan Pariwisata Sebagai Penggerak Utama Ekonomi Berbasis Masyarakat “.

Dengan demikian beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pertemuan forum perangkat daerah dan konsultasi publik tersebut yaitu; Memperhatikan proses perencanaan dengan pola pendekatan HITS (Holistik-Tematik-Integratif dan Spasial), untuk NTT Bangkit melalui upaya strategis ekonomi antara lain: pengembangan garam dengan target produksi mencapai 2 juta ton, pengembangan 50 juta pohon kelor, peningkatan populasi ternak sapi menjadi 2 juta ekor, peningkatan produksi jagung, beras, peningkatan budi daya perikanan dan rumput laut, mendorong swasembada daging ayam dan telur serta pengembangan pariwisata sebagai prime mover ekonomi.

Selanjutnya dalam Pelaksanaan konsultasi publik , selaku PLT, Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli,STP,menyampaikan kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan dimaksud, sangat mengharapkan forum ini, dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan tujuan mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD. Setelah disempurnakan berdasarkan hasil konsultasi publik ini, akan menjadi pedoman penyempurnaan rancangan awal rencana perangkat daerah. "Mari bersama-sama memberikan masukan, koreksi, saran dan lainnya dalam rancangan awal RKPD ini, yang disiapkan oleh Bappelitbangda NTT, untuk dilakukan perbaikan dan penyempurnaan," imbaunya.

PLT Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT, Lecky F. Koli, menyampaikan juga, rancangan awal RKPD merupakan dokumen penting yang harus disusun sebagai pedoman pokok dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020. Hal ini sebagai dasar penyusunan rancangan APBD 2020, juga menjamin keterkaitan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan serta sebagai petunjuk operasional bagi penyelenggara pembangunan.

Di- tambahkannya, rancangan awal RKPD merupakan kunci penting dalam menentukan kualitas seluruh proses penyusunan RKPD. Rancangan awal menginformasikan rancangan kerangka ekonomi daerah, arah kebijakan keuangan daerah, arah prioritas pembangunan daerah dan rencana kerja program serta kegiatan yang dilengkapi dengan rancangan pagu indikatif untuk setiap Perangkat Daerah (PD), Untuk tahun yang direncanakan sebagai acuan bagi setiap PD dalam menyiapkan rancangan Renja PD. "Rancangan Awal RKPD berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan indikatif untuk tahun yang direncanakan.

Adapun tujuan pelaksanaan konsultasi publik ini, mensinergiskan pemahaman tentang arah dan kebijakan pembangunan pada 2020 mendatang, yang terintegrasi dan berkelanjutan pada RPJMD Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun 2018-2023. Dengan konsultasi publik ini diharapkan terwujudnya koordinasi, sinergitas, efisiensi dan efektifitas dalam penetapan prioritas rencana program kegiatan dan pagu indikatif yang akan dituangkan sebagai masukan utama untuk memuktahirkan rancangan awal RKPD 2020. Rencana program dan kegiatan prioritas daerah, serta berita acara kesepakatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Provinsi NTT tahun 2020. (Peliput : Edy Latu. Pranata Humas Bappelitbangda Prov. NTT).

 

Read 616 times
Last modified on Thursday, 25 April 2019 06:14