Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Belu Tahun 2016-2021

Rate this item
(0 votes)
Published in: Artikel

BAPPEDA NTT Maksud perubahan RPJMD adalah menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan arahan pembangunan Kabupaten Belu ke depan. Mau dibawa ke mana arah pembangunan kabupaten Belu, bisa dilihat dari RPJMD ini.

Pertemuan dalam Konsultasi publik yang berlangsung di Aula G, Boeky Bappeda NTT tanggal 26 Oktober 2018 untuk menyempurnakan, menerima masukan dari Perangkat Daerah terkait tingkat Provinsi serta Bappeda NTT yang akan ditindaklanjuti di rapat internal yang memuat visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati sesuai arah kebijakan, strategi dan program pembangunan yang disertai pembiayaan.

 

Ada sejumlah penyesuaian pada dokumen RPJMD 2016-2021. antaranya "Pertama, adanya penyusaian perubahan perangkat daerah penanggung jawab pada setiap sasaran dan program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi baru. Kedua, memperbarui aturan-aturan dan data-data serta penggolongannya pada setiap urusan.

 

Ketiga, memperbarui data-data akibat perubahan metode penghitungannya. "Keempat, melakukan penyusaian sesuai dengan Program Pemerintah Provinsi NTT, sesuai dengan Visi dan Misi Gubernur terpilih “ NTT Bangkit Menuju Masyarakat Sejahtera”.

 

Perubahan ini akan menggantikan RPJMD sebelumnya dan menjadi pedoman pembangunan Kabupaten Belu. "Perubahan RPJMD ini menjadi pedoman dalam penyusunan perubahan rencana strategis organisasi perangkat daerah (OPD) dan dijabarkan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD), yang kemudian menjadi pedoman penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) pada setiap tahunnya.

 

Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui dalam penyusunan perubahan RPJMD, yakni pembentukan tim penyusun, konsultasi publik, konsultasi DPRD, penyusunan perubahan renstra OPD, musyawarah rencana pembangunan RPJMD, penyusunan naskah akademis, penyusunan kajian lingkungan hidup strategis, rancangan perda perubahan RPJMD, pengendalian dan evaluasi terhadap kebijakan perencanaan pembangunan jangka menengah daerah.

 

"Konsultasi awal ini dalam rangka penyempurnaan rancangan awal perubahan RPJMD 2016-2021 untuk mendapatkan masukan dan pengayaan substansi guna penyempurnaannya. Hasil konsultasi selanjut dengan DPRD kabupaten, adalah rancangan akhir RPJMD 2016-2021 yang selanjutnya akan disampaikan kembali ke DPRD sebagai lampiran rancangan perda perubahan RPJMD untuk dilakukan pembahasan melalui sidang paripurna.

Kegiatan Rancangan Awal (Ranwal) perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Belu tahun 2016-2021, di buka oleh kepala Bappeda NTT, Ir. Wayan Darmawa, MT. Serta selaku nara sumber didampingi oleh Kabid Evaluasi dan Pelaporan Bappeda NTT, Ibu Temy Jong Joko dan Bapak Frans Manafe Kepala Bappeda Kabupaten Belu. (Liputan : Edy Latu-NTT Satu Data/Bappeda NTT).

Read 59 times
Last modified on Tuesday, 30 October 2018 00:50