Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

KORTEKRENBANG 2018

Rate this item
(0 votes)
Written by  | Published in: Artikel

BAPPEDA NTT -  Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (kortekrenbang) Tahun 2018, merupakan rangkaian sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan nasional dengan perencanaan daerah dalam rangka pencapaian target pembangunan nasional.

 

Undang-Undang nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah, mengamanatkan bahwa pencapaian target pembangunan nasional merupakan kontribusi pusat dan kontribusi daerah. Berdasarkan kedua hal tersebut, Pemerintah pusat dan daerah melakukan upaya sinkronisasi perencanaan pembangunan. Selaras dengan hal tersebut diatas, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah juga mengamanatkan agar Kementerian /Lembaga Pemerintah nonkementerian dan daerah melakukan upaya sinergitas.

 

Mekanisme koordinasi teknis pembangunan/Kortekrenbang, dimana penyelenggaraan dikoordinasikan oleh Menteri Dalam Negeri dengan Menteri perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Kortekrenbang merupakan sala satu wadah bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk secara bersama-sama melakukan sinkronisasi dan harmonisasi untuk mencapai target pembangunan nasional yang dilakukan melalui penyelarasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggaran pembangunan nasional antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota masing-masing bidang urusan pemerintahan. Kortekrenbang dimaksud menjadi acuan yang dapat diharapkan masukan penyusunan rancangan awal RKP 2019 dan bahan masukan rancangan awal RKPD provinsi dan RKPD kabupaten/kota tahun 2019.

 

Pelaksanaan Rakortek tahun yang lalu untuk provinsi NTT, berlangsung di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan dan untuk penyelenggaraan tahun 2018 akan diselenggarakan pada 2 regional yaitu; Regional I, meliputi wilayah Sumatera, Jawa dan Bali yang penyelenggaraannya di laksanakan di kota Yogyakarta. Dan Regional II, meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua yang penyelenggaraannya akan dilaksanakan di Kota Mataram tanggal 5-9 Maret tahun 2018.

 

Sesuai dengan rancangan RKP tahun 2019, ada 5 (lima) prioritas nasional dalam tahun anggaran 2019 yaitu : 1. Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.   2. Pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman. 3. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif. 4. Pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air. 5. Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilu.

 

Dalam Pra Kortekrenbang nantinya akan disosialisasikan penggunaan Aplikasi SIMLARAS oleh daerah yang telah terintegrasi dengan aplikasi KRISNA dalam rangka mengisi format-format yang akan dibahas pada saat Kortekrenbang tahun 2018.

 

Selama keikutsertaan pada Pra Kortekrenbang pada masing-masing wilayah, oleh pihak Provinsi, Kabupaten/Kota dapat memperoleh pemahaman substansi dan teknis pelaksanaan Kortekrenbang tahun 2018, yang dapat menghasilkan : 1. Pemerintah daerah memahami cara penggunaan dan pengisian format-format pencapaian target pembangunan nasional melalui aplikasi SIMLARAS. 2. Kementerian/Lembaga menyepakati indikator dan target pembangunan nasional yang akan menjadi bagian diskusi Kortrkrenbang tahun 2018.

 

Kortekrenbang tahun 2018, diharapkan dapat mempersiapkan usulan program/kegiatan yang mendukung pencapaian target pembangunan nasional, baik yang merupakan prioritas nasional maupun diluar prioritas nasional.   (Sumber Tulisan Kemendagri RI/Direktorat Jendral Bina pembangunan Daerah/PDE- Bappeda Prov. NTT).

 

Read 347 times
Last modified on Wednesday, 14 February 2018 08:02