Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA TAHUN 2017

Rate this item
(1 Vote)
Written by  | Published in: Artikel

BAPPEDA NTT - Sesuai Undang - Undang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 25 Tahun 2004, perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional. Pembangunan nasional sendiri merupakan satu kesatuan dengan pembangunan di masing – masing daerah. Namun demikian, setiap daerah mempunyai isu, karakteristik dan kapasitas yang berbeda dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan.

 

Salah satu langkah untuk meningkatkan mutu rencana pembangunan adalah memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan yang handal melalui proses partisipatif. Penilaian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan dan memperkuat kemitraan dalam perencanaan pembangunan. Itulah sebabnya, sejak tahun 2011, setiap tahun telah diberikan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) untuk daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang menyusun dokumen rencana pembangunan tahunan daerah atau yang lebih kita kenal sebagai dokumen Rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terbaik.

Tujuan

  • Mendorong setiap daerah (Prov/Kab/Kota) untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan (RKPD) secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan;
  • Menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

Sasaran

  • Tersusunnya metode dan kriteria penilaian dokumen rencana pembangunan;
  • Terlaksananya penilaian dokumen rencana pembangunan;
  • Terpilihnya Provinsi dan Kabupaten dan Kota dengan dokumen rencana pembangunan yang terbaik sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Anugerah Pangripta Nusantara Tahun 2017

Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Tahun 2017 berbeda dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Bila pada tahun-tahun sebelumnya penilaian untuk APN dibagi atas provinsi dan kabupaten/kota, maka pada tahun 2017 penilaian APN untuk kabupaten dan kota dipisah, karena kota punya karakteristik yang berbeda dari kabupaten.

Kategori penilaian APN bertambah dari sebelumnya 6 (enam) kategori, pada tahun 2017 ini menjadi 12 kategori sebagai berikut: Read More...

 

 

Read 812 times
Last modified on Thursday, 18 May 2017 06:13