Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Coaching Clinic : Inovasi Pelayanan Publik

Rate this item
(0 votes)
Written by  | Published in: Artikel

BAPPEDA.NTTPROV.GO.ID - Kementerian Pendaya-gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menyelenggarakan Kompetisi inovasi pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Nusa tenggara Timur Tahun 2017 yang berlangsung di hotel Ima Kupang, 21 s/d 23 Februari 2017. Pedoman kompetisi maupun agenda penyelenggaraan kompetisi inovasi pelayanan publik bagi aparatur sipil negara lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Peraturan MENPAN/RB Nomor 19 Tahun 2016 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik pada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah Tahun 2017.

 

Dalam rangka menjawab kebutuhan dan tantangan perkembangan inovasi pelayanan publik yang diperlukan masyarakat sesuai kebutuhan dan harapannya serta memberikan arahan yang lebih jelas bagi semua pihak, maka diperlukan pedoman kompetisi inovasi pelayanan publik bagi aparatur sipil negara dalam upaya peningkatan pelayanan bagi pulik pada setiap lingkungan kerjanya. Penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah daerah saat ini telah mengalami peningkatan. Namun demikian, peningkatan tersebut belum memenuhi harapan masyarakat. Oleh karena itu di perlukan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dalam rangka memenuhi harapan masyarakat tersebut.

 

Tindak lanjut percepatan untuk mendorong pelayanan publik baik pada level pusat dan daerah, Pemerintah melakukan kebijakan dengan menetapkan gerakan satu instansi, satu inovasi, guna mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan. Agar upaya tersebut mendorong persaingan sehat antar instansi dan daerah serta memenuhi penilaian pelayanan publik yang baik/pelayanan prima, maka dilaksanakan kompetisi pelayan inovasi pelayanan pulik bagi pelaku aparatur sipil negara berdasarkan tupoksi bagi setiap lembaga pemerintah daerah. Satu instansi, Satu inovasi adalah gerakan yang mewajibkan kepada setiap Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah untuk menciptakan minimal 1(satu) inovasi pelayanan publik setiap tahun.

 

Inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide, kreatif, orisinal atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain, inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, melainkan pula mencakup satu pendekatan baru bersifat kontekstual baik berupa inovasi pelayanan publik hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada. Kompetisi Inovasi pelayan Publik merupakan kegiatan seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh setiap lembaga pemerintah dan swasta baik di pusat maupun daerah. Dalam mendukung sistem informasi inovasi pelayanan publik yang sering disebut Sinovik, merupakan sistem berbasis web yang memuat jaringan informasi dan dokumentasi dalam rangka mendukung memfasilitasi pembangunan inovasi pelayanan publik.

 

Penyelenggaran kompetisi inovasi pelayan publik yang dilaksanakan selama tiga hari bagi aparatur sipil negara tingkat daerah saat ini bertujuan menjaring inovasi pelayanan publik dan menggerakan mutu ASN sebagai pelayan publik yang secara langsung maupun tidak langsung untuk terus ditingkatkan mutu pelayananannya sesuai tupoksi masing-masing serta menggunakan inovasi pelayanan publik sebagai bahan untuk melakukan transfer pengetahuan/replikasi inovasi pelayanan publik.

 

Kegiatan penyelenggaran Coaching Clinik kompetisi pelayanan publik yang berlangsung di Kupang saat ini di ikuti oleh Aparatur Sipil Negara lingkup pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, berjumlah 200 orang peserta, merupakan perwakilan dari berbagai instansi pemerintah daerah yang di fasilitasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, sekaligus sebagai Nara sumber Utama yang diwakili oleh Ir. Sri Hartini, MM, Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik, bekerjasama dengan Biro Organisasi Setda Provinsi NTT. Mewakili Gubernur NTT, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTT, Ferdy Kapitan, membuka secara resmi kegiatan tersebut. (Liputan Edy Latu, NTT Satu Data).

Read 662 times
Last modified on Monday, 27 February 2017 00:37