Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

RAKOR LEMBAGA MITRA PEMBANGUNAN NTT

Rate this item
(2985 votes)
Published in: SPADU KPLI

Peningkatan Kualitas koordinasi, Integrasi Perencanaan dan Penganggaran Program Pembangunan Lembaga Mitra Berbasis Desa/Kelurahan demi terwujudnya Masyarakat Nusa Tenggara Timur yang berkualitas, Sejahtera, dan Demokratis adalah Tema Rapat Koordinasi Lembaga Mitra Pembangunan Tahun 2015. Pelaksanaannya dilakukan Oleh Sekretariat Terpadu Kerjasama Pembangunan Lembaga Internasional (SPADU-KPLI) bertepat di Aula Eltari Setda Provinsi NTT selama 2 (dua) hari pada tanggal 12-13 Maret 2015 turut mengundang AKLN Kementerian Dalam Negeri Bapak Basilius Soares sebagai Narasumber, kurang lebih 200 Peserta SKPD terkait dengan Lembaga Mitra yang tercatat sebanyak 37 lembaga, terdiri dari 6 lembaga kerjasama bilateral, 9 lembaga kerjasama Multilateral dan 22 lembaga NGO Internasional.

 

 Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Drs. Frans Lebu Raya dan Ketua DPRD NTT Bapak Anwar Puah Geno yang didampingi Kepala Bappeda Provinsi NTT Bapak Ir. Wayan Darmawa, MT. Bapak Gubernur Membuka kegiatan Rakor Lembaga Mitra 2015. Dalam sambutannya Bapak Gubernur menyampaikan, Forum ini harus menjawab apakah dukungan Program lembaga mitra telah dikelola dengan tepat dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat? Dengan besar pendanaan program Tahun 2015 mencapai 900 milyard rupiah atau 40% dari total APBD Provinsi NTT, Melalui Kebijakan Pembangunan daerah terpadu berbasis Desa/Kelurahan pada tahun 2011 telah menuai hasil cukup signifikan, salah satunya Gini Ratio masyarakat NTT 0,35 jauh dibawah Nasional yang mencapai 0,41, Secara Nasional menempatkan NTT sebagai Provinsi dengan kesenjangan ekonomi peringkat 4 terendah. Maka dari itu Bapak Gubernur Optimis dalam upaya perlu kemitraan bersama untuk mengoptimalkan capaian program kerja mitra guna meningkatkan sinergi

 

Pada hari ke 2 (dua) Peserta Forum Rakor mendiskusikan Aspek peningkatan Koordinasi Mitra pembangunan dan peningkatan integrasi perencanaan dan penganggaran , dibagi dalam 5 Kelompok yaitu: Pendidikan, Kesehatan, ekonomi, Infrastruktur, dan Reformasi Birokrasi Pemberdayaan Masyarakat . Hasil dari Rapat Diskusi Lembaga MItra dan SKPD terkait telah melahirkan 8 point Nota Kesepakatan sebagai akhir penutup dari Forum Rakor Lembaga Mitra 2015.(Reno Lawang – SPADU-KPLI).

Read 598 times
Last modified on Monday, 20 April 2015 01:45