Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

SINERGI NTT SATU DATA DAN SIDIK

Rate this item
(1 Vote)
Written by  | Published in: Bidang PP4

UNDP SPARC DUKUNG NTT SATU DATA

 

Dewasa ini penggunaan internet sudah merupakan sebagai sala satu aktifitas pokok yang tak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia. Sejalan dengan hal tersebut ketersediaan data dan informasi pembangunan merupakan hal yang wajib dan utama dalam mendukung kebijakan perencanaan pembangunan nasional maupun daerah. Peranan data sangat strategis karena merupakan sala satu elemen yang menjadi pusat perhatian terkini guna mencapai sasaran pembangunan global secara efektif dan efisien.

 

UNDP SPARC yang merupakan lembaga mitra pembangunan daerah yang berkarya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, sala satu bentuk dukungan SPARC dalam upaya menigkatkan mutu perencanaan pembangunan daerah, terkait 8 agenda pembangunan dan 6 tekad pembangunan daerah, SPARC bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mendukung NTT Satu Data dalam bentuk pengembangan sistem jaringan berupa integrasi data melalui SIDIK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

SIDIK : sistem informasi data indeks kerentanan. Sidik dapat membantu untuk menilai indeks kerentanan lingkungan dalam perencanaan pengembangan pembangunan hingga tingkat desa. Proses konvergensi data dalam kebijakan satu data sangat perlu di kembangkan (kebijakan satu peta). Dalam pemanfaatan teknologi informasi yang saat ini telah dibangun pada NTT Satu Data-Bappeda Provinsi NTT, pelaksanaan penyiapan, pengumpulan maupun dokumentasi data yang tersedia masih sangat terbatas, maka melalui instrumen Forum Data yang telah terlaksana pada tingkat SKPD provinsi NTT, sangat diperlukan komitmen setiap SKPD adanyanya ketersediaan data,melalui kerjasama penyiapan data , maka akan dapat terjadinya pertukaran data antar SKPD untuk membantu setiap SKPD dalam mengidentifikasi perencanaan pembangunan serta pemetaan dukungan terhadap pengembangan 6 tekad pembangunan NTT terkait kerentanan lingkungan sampai tingkat desa meliputi kabupaten/kota.

 

NTT Satu Data, yang merupakan center data bagi Provinsi NTT telah mengembangkan sistem jaringan data menggunakan Peta Data Stat Planet, saat ini sajian data masih terbatas maka kehadiran dukungan jaringan SIDIK dapat memberi tambahan kelengkapan data sampai tingkat desa terkait kerentananan iklim. Di harapkan dari kerja sama ini upaya Untuk mendukung peningkatan kualitas perencanaan pembangunan data di Nusa Tenggara Timur melalui NTT Satu Data dapat terjawab. Pengembangan intrumen jaringan SIDIK akan merupakan metode baru sebagai Best Practice/proyek percontohan pertama di NTT bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

Komitmen awal dalam rangka mendukung 6 tekad pembangunan provinsi NTT, SPARC bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan diwakili oleh Bapak Arif Wibowo selaku Kabid kerentanan dan perubahan iklim, mewakili BPS Pusat Bapak Ari Nugraha selaku Direktur Desiminasi Statistik, kerjasama Bappeda Provinsi NTT/Bidang PP IV, menyelenggarakan Workshop Identifikasi Lingkup Kegiatan Pengembangan Sistem NTT SATU DATA dan SIDIK, sebagai Instrumen Perencanaan dan Monev dalam Pembangunan Nusa Tenggara Timur.

 

Kegiatan workshop sehari tersebut yang di laksanakan tanggal 30 juni 2015 bertempat di hotel On The Rock Kupang, di buka oleh Kepala Bappeda provinsi NTT Ir. Wayan Darmawa, MT. dengan menghadirkan peserta dari SKPD teknis tingkat Provinsi NTT.  (Edy Latu).

Read 536 times
Last modified on Wednesday, 08 July 2015 01:06
More in this category: « MEMBANGUN NTT SATU DATA