Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

MEMBANGUN NTT SATU DATA

Rate this item
(0 votes)
Written by  | Published in: Bidang PP4

Sosialisasi dan Advokasi peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur nomor 15 tahun 2014 bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah/ SKPD tingkat Provinsi NTT berlangsung di Kupang tanggal 5 Desember 2014.

 

Kepala Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Timur IR. Wayan Darmawa,MT selaku ketua koordinasi Forum Data dan Informasi Pembangunan Provinsi NTT, ketika membuka pelaksanaan sosialisasi dan advokasi Forum data menegaskan, Pentingnya Membangun NTT Satu Data, karena sangat berkaitan erat dengan potensi unggulan yang ada di Provinsi NTT.Potensi unggulan tersebut meliputi, potensi pertanian dan perkebunan, perikanan dan kelautan, peternakan,cendana serta pengembangan dan peningkatan sejumlah Koperasi yang di bangun pada setiap desa/kelurahan maupun mendukung produk unggulan seperti jagung, rumput laut, dalam mendukung roda perekonomian rakyat yang masih berada dibawah garis kemiskinan rata-rata nasional.

 

 

Dengan adanya kerjasama segitiga pertumbuhan antara Australia,Timor Leste dan Indonesia membuka peluang bagi para investor untuk melakukan kerjasama antar negara maupun investor dari luar NTT untuk menanamkan modal maupun membangun perusahaannya di NTT. Untuk mendukung kerjasama tersebut maka sangat dibutuhkan kerjasama dan komitmen semua pelaku pembangunan di NTT dalam mendukung para investor yang datang ke daerah ini dan tentunya modal dasar yang perlu dibangun sala satunya Data Informasi Pembangunan Daerah yang kredibel serta terpercaya dalam membangun kepercayaan bagi stakeholder.

 

Melalui surat edaran Gubernur NTT bulan september 2014 perihal penyediaan data sektoral kepada pimpinan satuan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT telah di sampaiakan hal-hal sebagai langkah kerja/sistem kerja pengelolaan dan penyajian data dan informasi pembangunan yang sistematis, terstruktur yang di dukung dengan instrumen penjaringan data dan informasi pembangunan sektoral.

 

Langkah-langkah kerja tersebut dimaksud agar satuan kerja perangkat daerah/SKPD, menyampaikan data dan informasi pembangunan sektoral kepada Gubernur NTT cq. Bappeda Provinsi NTT secara periodik/Triwulan. Data dan informasi pembangunan sektoral diolah dan diverifikasi di Bappeda Provinsi NTT cq. Bidang PP IV, selanjutnya akan dimasukan dalam data base Bappeda Provinsi NTT dalam kebutuhan perencanaan pembangunan, publikasi dan dapat di akses oleh semua pemangku kepentingan.

 

Keberlanjutan dalam mendukung NTT Satu Data dan melalui Forum Data yang telah dikukuhkan melalui Pergub Nomor 15 Tahun 2014, saat ini telah dilakukan proses menuju tahap penyelesaian pembangunan gedung Pusat Data yaitu Resource Centre Bappeda Provinsi NTT. Pembangunan yang sedang dilaksanakan tersebut di dukung oleh AIPD (Australia Indonesia Partnership For Decentralisation), melalui implementing partner Yayasan BaKTI Makasar, dalam mewujudkan Solusi pembangunan yang tepat sasaran, tepat guna dan tepat lokasi.

 

Panitia Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Peraturan Gubernur NTT Nomor 15 Tahun 2014, Bappeda Provinsi NTT Bidang PP IV sekaligus sebagai nara sumber tentang pengisian data sektoral, BaKTI –AIPD, menyampaikan pengenalan Aplikasi Data Spasial. Kegiatan berlangsung selama sehari, bertempat di htl On The Rock Kupang, di hadiri oleh 100 orang lebih peserta dari sejumlah SKPD tingkat Provinsi NTT dan pejabat serta staf, yang mewakili lembaga Internasional Australian Aid, implementing partner dari Proyek pengelolaan Pengetahuan BaKTI Makasar Bapak Abdul Rahman Ramlan (Tim Barita/Edy Latu/5 Desember 2014).

Read 896 times
Last modified on Friday, 06 March 2015 05:24