Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel
Header

Forum Kerjasama Antar Daerah Wilayah Sunda Kecil

Rate this item
(0 votes)
Written by  | Published in: Bidang PP2

Rapat kerja Bidang pariwisata Antar Daerah Wilayah Sunda kecil yaitu Provinsi NTT, NTB dan Bali dalam rangka membahas program/kegiatan “ VISIT SUNDA KECIL 2016 “ merupakan forum untuk koordinasi bagi peningkatan pengembangan Pembangunan Kepariwisataan di wilayah Sunda Kecil.

 

Disain Forum kerjasama tersebut untuk lebih terfokus pada aspek kerjasama Kebudayaan dan Pariwisata dengan menetapkan pada penyelarasan program/kegiatan sebagai sebuah Mata Rantai dalam melahirkan suatu konstruksi perencanaan yang komprehensif dengan meletakan kepentingan dan kebersamaan sebagai pintu masuk dan spirit kerjasama Sunda Kecil.

 

Deretan Kepulaun yang ada di wilayah Sunda Kecil dengan keragaman budaya yang unik mulai dari Bali, Nusa Tenggara Barat serta Nusa Tenggara Timur, dengan kekayaan lokasi wisata seperti wisata alam, wisata rohani, etnik yang hampir dimiliki oleh seluruh kabupaten/kota di tiga provinsi tersebut diatas, merupakan sala satu pilar pemberdayaan ekonomi rakyat yang telah terbukti.

 

Disadari bahwa peranan Kepariwisataan dari tahun ketahun terasa sangat penting dalam pembangunan secara keseluruhan, karena industri ini dapat memberikan kontribusi yang semakin signifikan bagi pertumbuhan ekonomi domestik dan bagi kesejahteraan rakyat dan sifatnya multi dimensi.

 

Disamping itu pariwisata juga merupakan industri yang dapat menyerap tenaga kerja terbesar, dan melalui industri pariwisata kita bisa mewadai keberpihakan semua stakeholder dalam issue global yaitu ramah lingkungan, berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Pertumbuhan industri pariwisata hanya dapat tersaingi saat ini dengan industri Telekomunikasi dan Transportasi.

 

Dalam Tataran ekonomi global, Revolusi ITT (investmen, Trade and Tourism) akan sangat memberikan pengaruh bagi pengembangan ekonomi wilayah. Revolusi ITT tersebut telah mendorong berbagai negara untuk mengembangkan ketahanan budaya agar dapat bertahan dari terpaan globalisasi serta mengembangkan kepariwisataan sebagai usaha kemajuan perekonomian bangsanya.

 

Rapat kerja Antar Daerah wilayah Sunda kecil yang berlangsung di Kupang/Aula Bappeda Provinsi NTT tanggal 29 Oktober 2014, dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Alexander Sena, mewakili Sekretaris Daerah Provinsi NTT, dan kehadiran masing –masing Provinsi diwakili oleh SKPD terkait diantaranya, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BKPMD, Bappeda dan para Mitra Kebudayaan dan Pariwisata. Rapat kerja tersebut menghasilkan kesepakatan yang dapat dilaksanakan untuk menyambut Event kepariwisataan masing-masing Provinsi tahun 2015 serta Menuju Visit Sunda Kecil tahun 2016. Kepanitiaan Rapat Kerja Bidang Pariwisata Wilayah Sunda Kecil tersebut di fasilitasi Bappeda Provinsi NTT/Bidang PP II Bappeda Provinsi NTT. (Tim BARITA, Bappeda NTT/Edy Latu).

Read 1197 times
Last modified on Friday, 06 March 2015 05:21